Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Rumah Tahfidz Center
blog-img-10

Posted by : Admin

Ujian Tasmi' Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur'an Medan

Selain menghafal Al-Qur'an untuk menambah jumlah hafalan, santri penghafal Al-Qur'an juga wajib memurojaah atau mengulang hafalannya agar semakin lancar. Namun, ada satu hal lagi yang tak kalah penting yakni ujian tasmi'.

Di Rumah Tahfidz dan pesantren binaan Daarul Qur'an terdapat istilah tasmi' bil ghoib. Artinya adalah kegiatan memperdengarkan hafalan Al-Qur’an sesuai kategorinya dan dibacakan secara keseluruhan di hadapan musyrif atau musyrifah, asatidz dan juga para santri lainnya.

Seperti yang dilakukan oleh santri Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur'an Medan. Pada Jum'at (25/6) lalu, mereka melaksanakan ujian tasmi' bil ghoib kategori lima dan 10 juz.

Herawati, salah satu santri asal dari Takengon, Aceh, telah mengikuti ujian tasmi' kategori satu hingga 10 juz. Ia disimak langsung oleh musyrifah dan juga teman-temannya. 

Begitupun di kategoti lima juz. Ada nama Nur Saibah Nasution yang berasal dari Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara. Selain ia ada juga beberapa santri lainnya yang telah mengikuti ujian tasmi' bil ghaib kategori lima juz.

Harapan dari dilaksanakannya kegiatan tasmi' bil ghaib ini adalah agar dapat membantu memperkuat hafalan santri. Selain itu juga sebagai motivasi bagi para santri untuk lebih semangat dalam menghafal Al-Quran. []