Box Layout

HTML Layout
Backgroud Images
Backgroud Pattern
  • Rumah Tahfidz Center
blog-img-10

Posted by : Admin

Mendukung Santri Penghafal Al-Qur’an Dengan Beasiswa Santri Rumah Tahfidz

Menghafal Al-Qur’an termasuk ibadah yang agung di dalam Islam, jika dilakukan dengan niat ikhlas karena Allah SWT. Ia diberi kedudukan di posisi yang amat mulia karena mendapat banyak kemuliaan diantaranya menjadi Ahlul Qur’an atau Ahlullah (keluarga Allah SWT). Perjalanan seseorang untuk menjadi penghafal Al-Qur’an tentu tidak mudah. Butuh usaha dan tekad yang kuat agar bisa istiqomah dalam menghafal dan menjaga hafalan Al-Qur’an. Karenanya, untuk mencapai suatu hasil yang besar harus pula dibarengi dengan usaha yang maksimal.

PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta kembali mendukung ikhtiar para santri rumah tahfidz untuk menjadi penghafal Al-Qur’an yang unggul, yaitu dengan menyediakan Beasiswa untuk santri rumah tahfidz. Alhamdulillah pada periode Januari hingga Juli, telah terpilih 18 santri sebagai penerima manfaat Beasiswa Santri Rumah Tahfidz. Diantaranya penyerahan beasiswa dilakukan pada Jum’at, 30 Juli 2021 kepada 9 santri rumah tahfidz di area Yogyakarta. 

Beasiswa ini diutamakan untuk para santri dhuafa yang memiliki kemauan kuat dalam menghafal Al-Qur’an. Harapannya dengan adanya dukungan finansial berupa beasiswa akan lebih memacu para santri dalam menghafal Al-Qur’an, seperti diungkapkan Ustadz Ulil Absor pada penyerahan ke salah satu penerima di rumah tahfidz Al-Islam. “Semoga dengan dukungan beasiswa ini santri akan lebih terpacu lagi semangatnya dalam menghafal Al-Qur’an dan belajar di rumah tahfidz,” ungkapnya di sela-sela penyerahan beasiswa santri.

“Progres hafalan yang dicapai 18 santri yang terpilih sebagai penerima manfaat Beasiswa Santri Rumah Tahfidz selama menjalani tahap penilaian sangat beragam dan secara tidak langsung menjadi sebuah prestasi baik bagi santri sendiri maupun rumah tahfidz,” lanjut Ustadz Ulil menerangkan hasil dari proses seleksi santri.

Namun begitu, para santri diharapkan untuk terus menambah hafalan setiap bulan dan melaksanakan amaliyah sehari-hari sesuai yang tercantum dalam Daqu Method yang berisi prinsip-prinsip dan nilai-nilai yang menjadi panduan setiap insan Daarul Qur’an dalam mengembangkan dakwah Al-Qur’an di tengah masyarakat untuk menuju peradaban Qur’ani.

Alhamdulilah, semoga beasiswa untuk santri rumah tahfidz ini disamping bermanfaat untuk meringankan beban orang tua juga menjadi upaya menggali potensi aspek kognitif dan afektif santri tahfidz, sehingga di kemudian hari akan menjadi seorang figur santri rumah tahfidz. Terima kasih kepada para donatur dan semua elemen yang turut mendukung dan mensupport program beasiswa santri rumah tahfidz ini. Semoga keberkahan selalu menyelimuti kita semua dan dukungan yang kita menjadi wasilah untuk membangun negeri berbasiskan tahfidzul qur’an. 

Oleh: Ulil Absor, Editor: Umi Nurchayati

PPPA Daarul Qur’an Yogyakarta