Arsip Berita | Januari 2019
Yogyakarta Sambut Wisuda Akbar Rumah Tahfidz ke 9

  20 Januari 2019    826

Kota Yogyakarta telah merekam sejarah awal berdirinya Gerakan Rumah Tahfidz PPPA Daarul Qur’an pada 17 November 2009. Gerakan tahfidzul Qur’an itu dimulai dari teras rumah di Deresan sebagai sarana mengajar hingga terus meluas ke berbagai rumah, sekolah, komunitas hingga instansi. Di tahun 2018 akhir, tercatat Rumah Tahfidz Yogyakarta memiliki 3.040 santri dan 40 Rumah Tahfidz yang terhimpun dari 1.019 Rumah Tahfidz dan 37.072 santri di seluruh Indonesia.

Besarnya gerakan Rumah Tahfidz tersebut, setiap tahunnya selalu dimasifkan dengan acara akbar sebagai siar Al-Qur’an di masyarakat. Adalah Wisuda Akbar sebagai salah satu dakwah Al-Qur’an yang pesertanya mencapai puluhan ribu dengan tujuan untuk menambah para penghafal Al-Qur’an dan menjaga kualitas hafalannya para santri. Pada 17-22 Februari mendatang para santri akan melaksanakan ujian serempak dengan kategori kelipatan 5 juz di setiap masing-masing Rumah Tahfidz.

Sejak mendengar kabar Wisuda Akbar akan segera dilaksanakan, para santri Rumah Tahfidz Yogyakarta menyambut antusias dengan segala persiapan yang maksimal. RTC (Rumah Tahfidz Center) telah mengesahkan nama dengan sebutan “Wisdua Akbar Rumah Tahfidz ke IX”. Jika sebelumnya masyarakat dapat mengikuti ujian, kali ini masyarakat hanya akan diundang di prosesi wisuda dan mendengarkan maudhoh hasanah dan seterusnya. Jadi Insyaallah tidak akan kalah dari Wisuda Akbar sebelumnya dan secara kwalitas hafalan santri Rumah Tahfidz akan tetap terjaga.

Sudah satu bulan yang lalu, Muhammad Arif sebagai salah satu santri Rumah Tahfidz Al-Hidayah di Wilayah Yogyakarta telah mempersiapkan Wisuda Akbar Rumah Tahfidz ke IX. Ia menghabiskan waktu nya berjam-jam untuk melancarkan hafalannya supaya lolos di ujian mendatang. Tidak hanya Arif, namun semua santri Rumah Tahfidz Yogyakarta pun telah bersiap menyambut ujian.

Insyaallah pelaksanaan Wisuda Akbar Rumah Tahfidz ke IX nantinya akan diadakan pada Minggu 24/02 di Masjid Universitas Gajah Mada. Diperkirakan sebanyak 1.500 santri Rumah Tahfidz Yogyakarta akan mengikuti ujian tersebut. Ustadz Tribuwono Subroto selaku Assatidz Rumah Tahfidz Al-Hidayah menyampaikan “Semoga Wisuda Akbar tahun ini lebih berkelas dan berkualitas, karena santrinya disuruh baca full dengan perkelipatan 5 juz hingga 30 juz”. Semoga acara Wisuda Akbar Rumah Tahfidz ke IX ini dapat berjalan dengan lancar dan bertambah banyak para penghafal Al-Qur’an serta adanya Rumah Tahfidz di setiap gang dengan kwalitas hafalan santri yang semakin membaik kedepannya. Aamiin. []



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..