Arsip Berita | Januari 2019
Wisudawati Cilik

  17 Januari 2019    354

Gadis kecil dengan jilbab merah dan senyum simpulnya terlihat di antara rombongan santriwati. Ia adalah Akila, salah seorang wisudawati di acara Wisuda Tahfidz Rumah Tahfidz Daarul Qur'an Kaliwadas, Purwadadi, Subang, Sabtu (12/1).

Wisuda Tahfidz ini merupakan wisuda ke-6 yang diselenggarakan oleh Rumah Tahfidz Kaliwadas. Mewisuda puluhan santri dan santriwati dengan berbagai kategori, mulai dari surat An-Naba, An-Naml, Ar-Rahman hingga lima juz.

Akila kini berusia enam tahun, ia masih duduk di bangku Taman Kanak-kanak (TK) dan mendapatkan kesempatan untuk menjadi salah seorang wisudawati surat An-Naba. Ia dan puluhan temannya terlebih dahulu membacakan surat tersebut di atas panggung dan disaksikan oleh semua hadirin, termasuk ibunya.

Meski mengikuti wisuda surat An-Naba, ternyata Akila telah menyetorkan hafalannya hingga surat Al-Muthaffifin. Seperti yang diutarakan oleh ibunda tercintanya, Muna.

"Akila ini sudah hafal sampai Al-Muthaffifin sejak mulai menghafal tiga bulan yang lalu. Caranya, Akila baca dan juga dengarkan murottal," ujarnya penuh kegembiraan.

Muna menjelaskan, tidak hanya Akila, ia dan suaminya pun sedang berikhtiar untuk menghafal Qur'an. Namun, anak pertamanya tersebutlah yang paling cepat menghafal dibandingkan ayah dan ibunya.

"Saya dan suami juga ngafal, tapi yang paling cepat hafal Akila ini. Kami yang ketinggalan," tutur Muna dengan sedikit tertawa.

Mereka bertiga saling mendukung dan berlomba-lomba dalam menghafal Qur'an. Kerap kali ayah, ibu dan Akila meluangkan waktu untuk murojaah sekaligus sambung ayat untuk menguatkan hafalan.

Muna berkata, "Akila kalau di rumah tidak pegang handphone. Harapan kami, dia nanti jadi hafidzoh yang tidak hanya hafal tapi juga punya akhlaq Qur'an."



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..