Arsip Berita | Januari 2019
Wisudawati 62 Tahun dari Kaliwadas

  17 Januari 2019    157

Menghafal Alqur'an itu mudah, bukan karena kehebatan manusia, akan tetapi karena izin dari Allah SWT. Selain itu karena Alqur'an merupakan mukjizat dari Allah SWT kepada ummat manusia.

Jika bersedia untuk berusaha dan diiringi oleh tekad yang kuat, usia pun tidak menjadi penghambat seseorang untuk menghafal Alqur'an. Sebab, kembali ke asal muasalnya bahwa menghafal Alqur'an adalah mudah.

Itu pula yang dibuktikan oleh Hj. Ade. Seorang wanita berusia 62 tahun yang telah berhasil menghafal surat An-Naml dan menjadi salah seorang wisudawati dalam acara Wisuda Tahfidz Rumah Tahfidz Kaliwadas, Subang, pada (12/1) lalu. Ia dan 13 ibu-ibu lainnya tampil di hadapan seluruh hadirin dengan penuh percaya diri, membacakan surat An-Naml tanpa kesalahan satu pun.

Ibu Ade mengaku telah memulai ikhtiarnya untuk menghafal surat An-Naml sejak September lalu. Ia berhasil menghafal 93 ayat tersebut hanya dalam waktu kurang lebih satu bulan. Waktu yang terbilang luar biasa untuk seseorang yang usianya tidak lagi muda tersebut.

"Kami diberi arahan oleh Ustadz, nanti kami mengikuti bacaan Ustadz, sehari tiga ayat. Tapi karena saya tinggalnya jauh di Purwakarta, jadi saya setoran kalau ke sini, nanti menghafal beberapa ayat dan setorkan ke Ustadz," tutur ibu tiga anak tersebut.

Setiap satu pekan sekali, ia meluangkan diri untuk pergi dari Purwakarta menuju Subang demi meneruskan hafalannya. Tidak jarang tiga hari sekali atau dua pekan sekali.

Metode yang dilakukan oleh Ibu Ade cukup unik. Jika telah menghafal beberapa ayat, ia akan mengambil handphone dan merekam suaranya sendiri. Nantinya, rekaman tersebut ia dengarkan dan evaluasi. Begitu seterusnya sampai ayat yang ia hafal benar-benar lancar tanpa kesalahan.

Ibu Ade berkata, "saya menghafal sebab ingin betulin bacaan sholat dan memberikan motivasi kepada anak-anak muda agar mau ngaji, menghafal. Saya ingin orang di Kaliwadas ini tergerak hatinya, masa nenek-nenek saja bisa menghafal, kok yang muda tidak bisa."

Selain 14 ibu-ibu termasuk Ibu Ade yang menjadi wisudawati dalam acara tersebut. Rumah Tahfidz Kaliwadas, Subang, pun mewisuda puluhan santrinya dari berbagai kategori, yaitu dari surat An-Naml, Ar-Rahman hingga juz 26-30.



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..