Arsip Berita | Januari 2019
Wisuda Tahfidz ke-6 Rumah Tahfidz Kaliwadas

  17 Januari 2019    258

Telah terlaksana Wisuda Tahfidz ke-6 Rumah Tahfidz Kaliwadas, Purwadadi, Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (12/1) lalu. Sebelum diwisuda, dari 30 wisudawan dan wisudawati terlebih dahulu tampil di atas panggung dengan membacakan ayat suci Alqur'an sesuai kategori wisudanya masing-masing.

Kategori wisuda kali ini dimulai dari surat An-Naml, Ar-Rahman hingga juz 26-30. Mereka tampil dimulai dari santri-santri cilik yang telah menghafal surat An-Naba dan surat-surat di juz 30 lainnya. Kemudian diteruskan dengan surat Ar-Rahman dan An-Nahl.

Tidak hanya anak-anak atau remaja yang diwisuda, ada pula 14 ibu-ibu bahkan yang berusia renta menjadi wisudawawati pada kesempatan kali ini. Semangat mereka tidak kalah dibandingkan dengan anak muda. Ibu-ibu tersebut mebacakan surat An-Naml tanpa kesalahan satu pun.

Di tribun, wali santri yang hadir turut menyaksikan putra-putrinya dengan sangat bahagia. Wajah bangga sekaligus haru benar-benar terlihat dari mereka.

Sejak didirikannya Rumah Tahfidz pada tiga tahun lalu, ada ratusan santri yang telah diwisuda dari berbagai kategori. Bahkan, ada pula santri yang sudah dikirim ke Pesantren Daarul QUr'an Takhassus untuk meneruskan hafalannya, sebab preatasinya yang terus meningkat.

H. Rodin Sudrajat (43), pendiri Rumah Tahfidz berkata, "ini yang datang mengaji ke sini, ada yang jaraknya 10-15 km, ini satu Kecamatan, malah bahkan sudah melebihi kapasitas karena banyaknya santri", tutur beliau. 

Ia menuturkan, dari awalnya yang hanya 20an santri, kini Rumah Tahfidz ini menampung lebih dari 200 santri dari berbagai Desa di sekitar Kecamatan Purwadadi. Jam mengaji para santri dibagi sesuai dengan jadwal sekolah, ada yang siang, sore dan malam.

"Ada juga sekarang gelombang baru, yaitu gelombang emak-emak atau ibu-ibu, nenek-nenek, nah mereka waktu ngajinya ba'da Ashar," ujar ayah dari dua orang anak tersebut.

Ia menjelaskan, sedang dikonsep kembali untuk wisuda ke-7 nanti. Ia dan kawan-kawan akan menyelenggarakannya di malam hari. Karena dari wisuda pertama hingga ke-6 ini dilaksanakan pada siang hari.

"InsyaAllah, ingin kami wisuda berikutnya dilaksanakan malam hari, karena sejak awal di sinag hari, biar berbeda," imbuhnya.



Berita terakhir lainnya pada periode ini ..