Berita
Sosialisasi Pembangunan Pesantren Takhassus di Deli Serdang

  270


Deli Serdang, (15/3). Pagi yang cerah di Kota Medan mengiringi perjalanan rombongan pengurus Pesantren Takhassus menuju Kantor Kepala Desa Sukamandi Hilir, Kec. Pagar Merbau, Deli Serdang, Sumatera Utara.

Sesampainya di Kantor Kepala Desa Sukamandi Hilir, rombongan langsung dipersilakan masuk ruang kerja Kepala Desa. Kedatangan rombongan kali ini bukan hanya sekedar silaturahim, tapi sekaligus akan bertemu dengan tokoh masyarakat desa setempat untuk sosialisasi dan meminta izin terkait rencana pembangunan Pesantren Takhassus Daarul Qur’an di Deli Serdang.

Tepat pukul 09.30 WIB agenda sosialisasi Pesantren Takhassus antara pihak Daarul Qur’an dengan warga masyarakat yang difasilitasi Kepala Desa Sukamandi Hilir dimulai. Aula Kantor Kepala Desa Sukamandi menjadi saksi jalannya pertemuan tersebut.

Bapak Suherman selaku kepada Desa Sukamandi membuka acara. Beliau memberikan pengantar dan dukungannya atas rencana pembangunan Pesantren Takhassus Daarul Qur’an di desanya. “Ketika ada pesantren di desa kita, anak-anak kita sampai cucu-cucu kita akan menerima manfaatnya”, ujar Kepala Desa Sukamandi tersebut dengan mantap.

Selain itu, beliau juga menambahkan, “Ketika di desa berdiri sebuah Pesantren, tentu menjadi prestasi dan kemajuan tersendiri bagi desa tersebut. Karena Pesantren adalah lembaga pendidikan”, tambahnya.

Ibu Sartika selaku perwakilan dari keluarga yang membeli tanah dan akan membangunkan Pesantren Takhassus Deli Serdang mengaku sangat bahagia bisa berjumpa dengan perangkat desa dan tokoh masyarakat disana. “Kehadiran kami kesini dengan niat silaturahim agar bisa berkenalan dengan semua warga”, pesan Ibu Sartika saat sambutan.

Setelah pengantar sambutan dari Kepala Desa dan Ibu Sartika selesai, tiba saatnya Ustadz Sholeh selaku General Manager Pesantren Takhassus menyampaikan sosialisasi dan meminta izin kepada warga. Secara garis besar Ustadz Sholeh menyampaikan bahwa Pesantren Takhassus ini adalah pesantren berbeasiswa 100% yang nantinya diperuntukan untuk anak-anak diseluruh Indonesia yang kurang mampu. Utamanya diperuntukkan untuk warga sekitar dan masyarakat Sumatera Utara pada khusunya.

Tak lupa beliau juga sedikit menyampaikan tentang fadilah Al Qur’an. “Ketika Al Qur'an didawamkan di suatu daerah, daerah tersebut akan mendapat keberkahan”, pesan Ustadz Sholeh membangkitkan semangat warga. Ketika berdiri sebuah pesantren disini, kemudian para santri tiap hari mendawamkan Al Qur’an, keberkahan akan melingkupi desa Sukamandi.

Selesai Ustadz Sholeh memberikan penyampaian, beberapa warga maju ke depan menanggapi. “Program pembangunan Pesantren ini harus kita dukung penuh karena hal ini terkait pendidikan bangsa yg berbasis akhlak, berbasis agama”, cetus Pak Jamil mantap memberikan dukungan.

Hal senada juga disampaikan Tukirin, warga setempat. “Kami siap mendukung di barisan terdepan pembangunan Pesantren ini”, ujarnya dengan penuh semangat. Menurut tukirin, dengan berdirinya Pesantren, kedepannya menjadi penyejuk di zaman milenial yg penuh hoax dan tipu daya muslihat ini.

Alhamdulillah sosialisasi dan perizinan berjalan dengan lancar. Kelembagaan desa siap mendukung, dari masyarakat setempat juga mendukung. “Belum pernah kepikiran ada pesantren di desa, Alhamdulillah terimakasih sudah mau berusaha mendirika pesantren disini”, tutup Kepala Desa sekaligus menyampaikan ucapan terima kasih kepada Daarul Qur’an dan keluarga Ibu Sartika.

Setelah Sosialisasi berjalan dengan hangat dan lancar, semua rombongan berbondong-bondong menuju tanah yang rencananya akan dibangun pesantren. Disana rombongan Daarul Qur’an beramah-tamah dengan warga sekitar.

Rangkaian sosialisasi ini menjadi tahap awal berdirinya Pesantren Takhassus di Deli Serdang. Semoga kedepan Pesantren Takhassus di Deli Serdang ini mampu mencetak kader-kader bangsa yang hafal Al Qur’an, berbekal keilmuan mendalam, dan berakhlakul karimah. Amiin.