Berita
Semarak Gelaran Wisuda Akbar 9 dari Kota Lumpia

  237


Sedari pagi halaman lapangan Masjid Jami' Jatisari Semarang telah ramai dipadati oleh ratusan santri Rumah Tahfidz di Jawa Tengah. Perjalanan dengan menembus dinginnya hawa dini hari dan gelapnya pagi hari tak menyurutkan semangat dan antusiasme mereka dalam mengikuti Wisuda Akbar 9 kali ini, Ahad (24/2).

Gelaran Wisuda Akbar ke- 9 ini diikuti oleh 504 santri dari wilayah Jawa Tengah 1 meliputi Semarang, Demak, Salatiga, Kendal, Magelang, Purworejo, Purwodadi. Acara dibuka dengan Khataman Akbar dari para santri wisudawan wisudawati dilanjutkan dengan prosesi wisuda. Dalam acara ini juga terpilih santri wisudawan terbaik, wisudawan termuda, serta Rumah Tahfidz Terbaik.

M. Ibnu Harith (7) santri Rumah tahfidz Aghitsna adalah salah satu wisudawan yang berkesempatan mendapatkan pengharagaan sebagai wisudawan termuda. Sedangkan untuk Wisudawan Terbaik diberikan kepada Alfiatur Rohmaniah (20) santri dari Rumah Tahfidz Rifdatus Sunnah. Keduanya berutur ingin menjadi penghafal Al-Qur'an dan dapat segera berkunjung ke Baitullah. Berkat semangat dalam menghafal Al Qur'an ini, mereka mendapatkan penghargaan berupa sertifikat, piala, juga uang pembinaan.

Pada kesempatan kali ini, Rumah Tahfidz Lukmanul Hakim turut mendapatkan penghargaan sebagai Rumah Tahfidz terbaik dan berhak mendapatkan pembinaan kewirausahaan dari PPPA Daarul Qur'an Semarang.

Dalam prosesi perayaan Wisuda Akbar ini, para santri yang telah mengikuti ujian dan wisuda, secara bersama membaca doa khataman dan ikrar wisuda akbar.

"Semakin sibuk dan semakin dekat dengan Al-Qur'an maka akan semakin ditinggikan derajatnya, bersyukurlah kamu yang didekatkan dengan Al-Qur'an, bersyukurlah kamu yang hari-harinya dibersamakan dengan para Ahlul Qur'an, serta bersyukur pula ketika kamu diberikan kenikmatan dalam membacanya, diberikan kemudahan mengamalkannya serta diberikan kesempatan untuk menjaganya" tutur Ustadz Arif dalam ma'idatul khasanahnya.

Semoga gelaran Wisuda Akbar 9 ini menjadi momentum lahirnya generasi - genarasi penghafal Qu'ran yang menjadi tumpuan bangsa dimasa akan datang. Amiinn.