Berita
Lampung Gelar Dua Ujian Tahfidz Dalam Sehari

  280


Provinsi Lampung menjadi salah satu tempat penyelenggaraan Wisuda Akbar Rumah Tahfidz ke-9 yang serentak di 19 Kabupaten atau Kota di 13 Provinsi seluruh Indonesia. Banyak rangkaian acara yang telah dilewati sebelum sampai pada hari H, Ahad (24/2) mendatang.

Salah satu yang menjadi sorotan adalah pelaksanaan Ujian Tahfidz di Rumah Tahfidz Ar-Rohmah. Ustadz Khoiroddin sebagai Koordinator Daerah (Korda) Rumah Tahfidz Lampung menyampaikan, dirinya membawa 15 Asaatidz dari Rumah Tahfidz di sekitar Lampung untuk menjadi penguji di Rumah Tahfidz Ar-Rohmah.

"Perjalanan dua jam, sesampainya di sini pukul 09.00 WIB langsung dimulai. Ada 60 peserta yang ikut ujian, ada yang 1, 5 dan 10 juz, tapi paling banyak 1 juz," tutur Ustadz Khoiroddin.

Rumah Tahfidz Ar-Rohmah adalah Rumah Tahfidz dengan basic sekolah. Selain belajar ilmu pengetahuan umum, para siswanya pun belajar dan menghafalkan Al Qur'an. Usia mereka dari SD hingga SMP, siswa yang paling banyak dari SD dengan hafalan yang bervariatif.

"Acara dimulai pagi dan saat ini masih berlangsung, kami targetkan sore sudah selesai karena harus bertolak lagi ke Rumah Tahfidz Al-Qur'aniyah di Kota Bumi untuk ujian juga. Tidak apa-apa kalau harus sampai malam, sebab kami sudah niatkan untuk Qur'an," terang Ustadz Khoiroddin.

Mengingat provinsi Lampung yang cukup luas dan dapat memakan banyak waktu jika acara ujian tidak sekaligus dalam satu hari. Maka, Ustadz Khoiroddin dan para Assatidz pun memaksimalkan waktu bahkan hingga malam hari.

"Yang buat saya terenyuh adalah Rumah Tahfidz ini memang dipelopori masyarakat sekitar, wali murid dan sebagainya," imbuhnya.