Berita
Rumah Tahfidz di Berastagi

  108


(4/7) Dataran tinggi Berastagi di Kab. Karo, Sumatera Utara menyimpan keindahan alam yang sangat menakjubkan. Terlebih lokasinya sangat strategis bagi pencinta wisata alam. Lokasinya yang dekat dengan Danau Toba, Air Terjun Sipiso-piso, dan Gunung Sinabung, membuat Berastagi semakin tenar.

Tidak hanya cocok untuk berwisata alam, udaranya yang sejuk dan tenang, membuat Berastagi cocok digunakan sebagai tempat menghafal Al Qur’an. Namun kenyataannya muslim di Berastagi masih minoritas. Tempat belajar Al Qur’an pun masih sangat minim.

Berkaca dari itu, Rumah Tahfidz Center (RTC) dan PPPA Daarul Qur’an Medan berikhtiar bersama menghadirkan Rumah Tahfidz Daarul Qur’an di Berastagi.

Beberapa waktu yang lalu (1/7), Kiai Kosasih selaku Dewan Syariah Daarul Qur’an meninjau langsung lokasi yang hendak dijadikan Rumah Tahfidz. Selang beberapa hari berikutnya, langsung disambut dengan hadirnya tim RTC yang menyusul meninjau lokasi.

Lokasi Rumah Tahfidz Berastagi letaknya di kawasana Bukit Gundaling, dibawah Gunung Sibayak yang sumber panas belerangnya dimanfaatkan sebagai tempat wisata pemandian air panas. Rumah Tahfidz Berastagi, selain digunakan untuk mencetak para penghafal Al Qur’an yang disiapkan menjadi kader dakwah masyarakat, digunakan pula untuk membangun masyarakat muslim di Berastagi yang tergolong minoritas.

Kita juga patut bersyukur dengan hadirnya Rumah Tahfidz di Berastagi, karena bisa kita manfaatkan untuk pembinaan para mualaf di Kab. Karo. Alhamdulillah, cukup banyak mualaf di Kab. Karo. Tentu mereka semua butuh bimbingan dan pendampingan.

“Selain itu, Rumah Tahfidz Berastagi juga akan digunakan untuk program pembekalan bagi para santri yang sudah sarjana yang siap mengajarkan Al Qur’an di pelosok Sumatera Utara”, tutur Ustadz Faisal Harahap selaku pimpinan PPPA Daarul Qur’an Medan menambahkan.

Kami memohon doa dari semuanya, agar program Rumah Tahfidz Berastagi berjalan dengan lancar dan penuh keberkahan. Sehingga dari Tanah Karo akan terlahir para penghafal Al Qur’an yang siap mengabdikan dirinya untuk membangun masyarakat.

Ucapan terimakasih, khususnya, kita ucapkan kepada keluarga besar Dokter H.Syahrial Poerba yang telah mendirikan dan mewakafkan bangunan lengkap dengan fasilitas ruang belajar, asrama, dan musholanya untuk kami set up menjadi Rumah Tahfidz. Semoga Allah ridho dengan iktiar kita semua untuk mencetak para penghafal Qur’an di Berastagi.