Berita
Ujian Santri Baru Rumah Tahfidz

  327


Pada sabtu (27/4/2019) telah dilakukan ujian bagi para santri pendaftar beasiswa rumah tahfidz yang dilaksanakan di kantor PPPA Daarul Qur'an, rumah tahfidz center. Pengujinya merupakan dosen tahfidz yang insya Allah telah memahami ilmu tajwid serta memiliki hafalan qur'an yaitu ustadz Agus Jumadi. S. Pd. I dan ustadz Muhammad Halimi. S. Pd. I .

Santri-santri ini datang dari beberapa kota yang ada di Indonesia yaitu kota Jakarta, Depok, Bekasi, Cikarang, Bogor dan Bandung. Santri yang datang berjumlah sembilan orang dikarenakan beberapa santri tidak dapat menghadiri ujian pada hari itu.

Ada dua santri pria dan tujuh santri perempuan yang telah diuji. Santri-santri ini kebanyakan ada yang belum memiliki hafalan qur'an, akan tetapi semangat mereka begitu tinggi untuk menghafal dan mempelajari Al-Qur'an.

Para santri tiba di kantor Rumah Tahfidz Center pada pukul 08.00 WIB dan baru selesai pengujian pada pukul 10.30 WIB. Santri-santri ini sangat antusias dalam mengikuti ujian ini.

"Saya menghafal karena kemauan dari hati saya sendiri, pada saat saya belajar bahasa Arab perasaan ingin menghafal al-qur'an itu muncul", ujar Tsalisa Fitri selaku santri yang mengikuti ujian.

Ada pula santri yang memilih menghafal karena semua saudaranya menghafal al-qur'an, sehingga ia terdorong untuk mulai menghafal setelah lulus SMA. Ia merupakan anak ke lima dari delapan bersaudara.

Beberapa santri yang berhalangan hadir pada sabtu (27/4) mengabarkan diri bahwa bisa hadir pada senin (29/4) ke kantor rumah tahfidz center. Beberapa dari para santri telah memiliki hafalan dan ada pula yang belum memiliki hafalan namun telah mempelajari ilmu tajwid dan makhorijul huruf.