Artikel
Pujian Allah SWT kepada Pemberi Maaf

  139


Marah. Siapa tidak kenal dengan satu sifat ini? Setiap orang pasti pernah merasakan marah. Marah kepada teman, saudara, bahkan kepada kedua orangtua. Sifat marah ini muncul bisa dilatar belakangi oleh banyak alasan. Mulai dari hal sepele sampai masalah yang rumit. Semuanya terjadi secara manusiawi, karena manusia memang diberikan sifat marah.

Namun, tahukah Anda? Jika Allah SWT memberikan pujian kepada hamba-Nya yang mampu meredam amarah. Seperti firman Allah SWT:

“(Yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan mema’afkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.” (QS. Ali Imran: 134).

Dalam ayat tersebut, Allah tidak mengatakan bahwa manusia yang Allah puji adalah orang yang tidak pernah marah. Sebab, jika demikian berarti manusia tidak memiliki sifat marah. Padahal, semua orang memiliki sifat marah. Namun Maha baik Allah SWT, Dia memberikan pujian kepada orang yang memberi maaf. []

 

Sumber: Mengaji Latha'-iful Minan/Dr. Abdul Halim Mahmud/Zaman