Artikel
Bukan Sedekah Biasa

  281


Kalau mau reward yang terbaik, ya pancing dong dengan sedekah terbaik juga. Jangan coba-coba “ngakalin” Allah SWT, sedekah seribu perak mintanya rumah. Ya nggak kena.

Sekali lagi, sedekahlah yang terbaik, baik secara kuantitas maupun kualitas, untuk mendapatkan pemenuhan hajat terbaik pula. PPPA Daqu pun terus berikhtiar meningkatkan kemaslahatan sedekah para donatur, sehingga sedekahnya bukan sedekah biasa tapi jadi sedekah luar biasa. Yang sekarang sedang kita galakkan adalah sedekah produktif.i Turki, dana wakaf dikembangkan sehingga mampu menghidupi 4.400 masjid, 500 asrama mahasiswa, 453 rumah untuk usaha, 150 hotel dan caravan, 5.348 toko, 2.254 rumah/apartemen, dan 24.809 properti lainnya.

Di Amerika, Kuwaif Awqaf Public Foundation (KAPF) mengelola dana infak sedekah untuk mengelola The Islamic Cultural Center of New York. KAPF menyewakan 80% apartemen yang mereka miliki, sisanya diperuntukkan bagi keluarga muslim yang tidak mampu.

Di Indonesia, bukan tidak mungkin kita mengelola ribuan Rumah Tahfidz atau Pesantren Tahfidz, dengan kekuatan sedekah produktif. Insya Allah, potensi sedekah kita besar. Bang Mustafa Edwin Nasution pernah mengemukakan potensi gede itu. Asumsinya, jumlah penduduk Muslim kelas menengah di Indonesia sebanyak 10 juta jiwa dengan penghasilan rata-rata antara Rp 0,5 juta – 10 juta per bulan.

Misalnya, jika warga yang berpenghasilan Rp 0,5 juta sebanyak 4 juta dan setiap tahun masing-masing berwakaf Rp 60 ribu, setiap tahun akan terkumpul Rp 240 miliar. Jika warga yang berpenghasilan Rp 1-2 juta sebanyak 3 juta jiwa dan setiap tahun masing-masing berwakaf Rp 120 ribu, akan terkumpul dana sebesar Rp 360 miliar.

Jika warga yang berpenghasilan Rp 2-5 juta sebanyak 2 juta orang dan setiap tahun masing-masing berwakaf Rp 600 ribu, akan terkumpul dana Rp 1,2 triliun. Dan jika warga berpenghasilan Rp 5-10 juta berjumlah 1 juta jiwa dan setiap tahun masing-masing berwakaf Rp 1,2 juta, akan terkumpul dana Rp 1,2 triliun.


Jadi, dana yang terkumpul mencapai Rp 3 triliun setahun. Luar biasa! Kita pun sudah membuktikan, dari sedekah para donatur yang semula hanya dikembangkan untuk laboratorium sedekah di Kampung Bulak Santri, kini sudah berkembang menjadi ratusan binaan dan mitra PPPA Daqu.

Insya Allah semua itu akan terus kita kembangkan melalui program sedekah produktif.